Contoh Dan Penerapan Rumus Excel Vlookup Hlookup

Jika anda sering menggunakan Microsof Excel dalam pekerjaan anda sehari-hari, tentunya anda sudah familiar dengan aneka macam fungsi perintah yang dimiliki Excel. Pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu fungsi Excel yang cukup memiliki kegunaan dalam menampilkan data yaitu rumus Excel Vlookup dan Hlookup.

Pengertian Dan Fungsi Rumus Excel Vlookup Dan Hlookup

Fungsi Vlookup dan Hlookup ialah pengembangan dari fungsi dasarnya yaitu lookup. Fungsi lookup sendiri dapat digunakan saat ingin mencari nilai yang ada pada sebuah baris tertentu atau kolom tertentu. Fungsi Vlookup memiliki kegunaan untuk mencari nilai dalam data yang tersusun secara vertical, ini merupakan alasan fungsi Vlookup berawalan dengan abjad V yang berarti Vertikal atau kolom. Sedangkan untuk fungsi Hlookup sendiri memiliki kegunaan untuk mencari nilai dari sebuah data yang tersusun secara horizontal atau baris, sesuai dengan nama Hlookup, dimana H berarti Horizontal.

Cara Penulisan Rumus Excel Vlookup Dan Hlookup

Syntax atau cara penulisan dari fungsi Vlookup ialah sebagai berikut:
=VLOOKUP(nilai_kunci, tabel_data,nomor_kolom,tipe_data)
  • Nilai_kunci merupakan nilai yang telah ditentukan untuk membaca tabel referensi. Baik pada tabel acuan atau tabel yang akan diisi, nilai_kunci ini harus ada.
  • Tabel_data merupakan jangkauan data yang tersusun secara vertical dan memiliki fungsi untuk menjadi tabel acuan yang nantinya akan diproses.
  • Nomor_kolom merupakan urutan kolom yang akan dibaca oleh tabel referensi. Misalnya, pembacaan dimulai dari kolom sebelah kanan atau dimulai dari index pertama atau nomor pertama, dan lain sebagainya.
  • Tipe_data merupakan pengecekan pada data untuk menentukan nlai data. tipe_data memiliki 2 jenis, TRUE dan FALSE. TRUE digunakan untuk nilai data yang belum pasti atau data tersebut memiliki jangkauan atau range tertentu. Sedangkan FALSE digunakan untuk nilai data yang pasti.
Selanjutnya ialah penjelasan perihal syntax dari Hlookup yaitu sebagai berikut:
=HLOOKUP(nilai_kunci,tabel_data,nomor_baris,tipe_data)
Penjelasan untuk rumus diatas hampir sama menyerupai yang terdapat pada rumus Vlookup, akan tetapi yang membedakan ialah nomor_kolom, dimana pada fungsi Hlookup menjadi nomor_baris. Jika Vlookup mengurutkan proses data berdasarkan kolom atau vertikal maka Hlookup memproses data berdasarkan baris atau secara horizontal.

Contoh Penerapan Rumus Excel Vlookup dan Hlookup Dalam Pekerjaan Sehari-hari
Beberapa hal yang perlu anda ingat dalam menggunakan rumus Excel Vlookup dan Hlookup adadalah sebagai berikut:
  • Jika nomor_kolom atau nomor_baris bernilai kurang dari 1 maka rumus Vlookup dan Hlookup yang anda gunakan akan menghasilkan #VALUE!
  • Jika nomor_kolom atau nomor_baris nilainya lebih besar dari jumlah kolom atau baris yang ada pada tabel data maka rumus Vlookup dan Hlookup yang anda gunakan akan menghasilkan #REF!
  • Jika anda menggunakan kondisi FALSE pada tipe_data maka fungsi Vlookup dan Hlookup akan menghasilkan #N/A jikalau tidak ditemukan nilai yang benar-benar sama persis.
Berikut ini ialah teladan penerapan rumus Vlookup untuk mencari jumlah gaji pokok yang akan diterima pegawai.
Jika

Disini kita akan mencari nilai dari kolom Gaji Pokok atau C3. Maka rumus yang digunakan ialah rumus Vlookup, dan penulisannya ialah sebagai berikut ini:
=VLOOKUP(A3,$A$12:$C$14,2,FALSE)
  • A3 ialah nilai_kunci untuk menentukan isi dari Gaji Pokok
  • A12:C14 ialah tabel acuan yang berisi data Jumlah Gaji bagi setiap Bagian. Penambahan tanda $ ialah sebagai pengunci, supaya nilai baris dibawahnya tidak akan menawarkan hasil #N/A.
  • 2 ialah kolom kedua pada tabel acuan atau tabel Data Jumlah Gaji, dari sinilah data diambil untuk mengisi kolom Gaji Pokok.
  • FALSE disini digunakan alasannya data ini bernilai pasti. Yang dimaksud pasti disini ialah menyerupai Gaji Pokok bagi karyawan Bagian HRD sudah pasti sebesar Rp. 2,000,000.
Pada baris selanjutnya anda hanya harus menemukan tanda “+” pada bab bawah kotak, kemudian drag kebawah sampai semua data terpenuhi. Seperti berikut ini:
Jika

Langkah-langkah untuk menggunakan fungsi Hlookup sama menyerupai Vlookup diatas, akan tetapi Hlookup digunakan saat data berbentuk baris atau horizontal.

Demikianlah pembahasan rumus Excel Vlookup dan Hlookup semoga dapat membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Dan Penerapan Rumus Excel Pivot

Cara Mudah Memperbaiki Data Ms Excel Yang Berantakan

Cara Mengisi Pulsa Listrik PLN