Cara Mengisi Pulsa Listrik PLN

Cara Mengisi Pulsa Listrik - Para pelanggan PLN selama ini kebanyakan menggunakan layanan listrik pascabayar, dimana para pelanggan memakai listrik terlebih dahulu dan kemudian gres membayar berapa energi listrik yang telah dipakai. Setiap bulan ada petugas dari PLN yang melaksanakan pencatatan dan menghitung jumlah meter pelanggan, Serta PLN juga melaksanakan penagihan jikalau ada pelanggannya yang telat dalam melaksanakan pembayaran.

Saat ini ada sistem gres di PLN yang disebut dengan listrik terpelajar atau prabayar. Sistem ini pelanggan PLN harus membeli daya listrik atau pulsa listrik dahulu melalui para penjual. Kemudian mengisikan nomor unik yang diperoleh di penjual kedalam Meter Prabayar atau MPB yang terpasang ditempat pelanggan melalui sistem ‘token’ (pulsa).

Pada MPB atau meter prabayar terdapat sebuah layar yang memuat gosip mengenai berapa jumlah energi listrik (kWh) yang masih bisa dipakai atau dimiliki pelanggan. Persediaan kWh ini bisa ditambah kapan pun dan berapa pun tergantung kebutuhan serta kemampuan masing-msaing pelanggan. Karena melaksanakan pengisian daya sendiri pelanggan bisa dengan mudah melaksanakan penghematan pemakaian energi listrik. PLN juga dimudahkan sebab tidak perlu ada pencatat meter yang dilakukan tiap bulan.
 Para pelanggan PLN selama ini kebanyakan menggunakan layanan listrik pascabayar Cara Mengisi Pulsa Listrik PLN
image from www.pln.co.id
Karena listrik prabayar yang masih bisa di bilang gres mungkin masih ada sebagian orang yang galau atau lupa cara mengisi token listrik ke MPB. Bagi anda yang masih galau bagaimana cara isi pulsa listrik di meteran(meter prabayar). Pada kesempatan ini kami akan mencoba menunjukkan petunjuk sederhana cara mengisi pulsa listrik ini.

Cara Mengisi Pulsa Listrik PLN

1. Langakah pertama tentunya anda harus membeli pulsa token listrik terlebih dahulu. Anda bisa membelinya di kantor pos, penjual pulsa, indomaret, alfamart, bank atau loket penjualan voucher listrik yang lain sambil membawa kartu identitas pengguna listrik prabayar milik anda, kemudian anda akan memperoleh 20 angka instruksi di struk pembelian token tadi. Jika anda galau anda bisa bertanya kepada penjual mana instruksi token anda.

2. Kemudian masukkanlah 20 angka instruksi token tadi ke Meteran Listrik anda, Dengan cara mengetik menggunakan nomor yang ada di meteran, Setelah semua nomor masuk dan tertulis di layar MPB tekanlah tombol “ENTER” (⏎).

3. Jika sewaktu mengetik instruksi token anda melaksanakan salah pengetikan anda bisa menghapus dengan memakai tombol “Backspace” (←) untuk menghapus.

4. Jika instruksi yang anda masukkan benar maka akan muncul goresan pena “ACCEPT” dilayar monitor MPB anda setelah anda menekan tombol “ENTER” (⏎), kemudian layar meter menunjukkan berapa nilai kwh sesuai yang anda beli dan daya anda akan bertambah.

5. Jika pada layar muncul goresan pena “REJECT” setelah anda menekan tombol  “ENTER” (⏎) berarti instruksi token listrik yang anda masukan salah. Ulangi lagi dari awal dan cek benar atau tidak nomor token anda.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mengisi pulsa listrik biar bermanfaat bagi semua.[]

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Dan Penerapan Rumus Excel Pivot

Cara Mudah Memperbaiki Data Ms Excel Yang Berantakan